jump to navigation

Cerita, kesusahan Menulis Cerita. Februari 22, 2012

Posted by Rio in Uncategorized.
trackback

Begitu banyak cerita di dalam otak saya yang ingin saya terjemahkan kedalam tulisan ini, tapi sepertinya saya belum menjadi seorang  pencerita dan penulis yang handal. Saya sering mengingat sesuatu  kejadian, pengalaman atau rencana kedepan yang akan saya lakukan dan ingin menuliskanya di sini. Tapi setiap kali saya coba memulai untuk bercerita selalunya akan pecah di tengah tengah cerita (bahkan belum sampai ke tengah) semua sirna, buntu, bagai mana untuk melanjutkanya?? terkadang di saat saya  menulis cerita, dan sampai ke kejadian penting atau hal penting, saya lupa detil kejadianya kapan itu terjadi, nah di sana saya sudah peyok untuk melanjutkanya.

Hemmh,, seperti sekarang ini, sebetulnya saya tadi telah menulis sebuah cerita saya, di awal cerita mudah sih, berjalan dengan lancarnya,,, lama lama saya terjebak sendiri membawa cerita itu ke satu topik yang ujung-ujungnya membuat saya bingung sendiri dan akhirnya saya gagal untuk melanjutkanya. Ealah,, la malah sekarang saya menulis cerita kesusahan saya untuk menulis sebuah cerita hehehe,, ni mah curhat wkwkwkwk,,,

Mungkin buku yang pernah di hadiahkan saudara elfarizi kepada saya itu sangat membantu mengatasi masalah saya dalam menulis sebuah cerpen, baik cerita pendek atau cerita penting tapi yah,, mau gimana lagi saya belum membacanya lagi karna buku itu terkirim di alamat di Indonesia. Dan saya masih disini menunggu hari itu tiba, dimana saya bisa menyedot sampek kempot  untuk membacanya. Mungkin ini benar, “Sebelum saya menjadi penulis yang hebat saya harus pula menjadi pembaca yang hebat dulu”  Saya menyimpulkan itu dari sahabat-sahabat yang pinter juga nulis cerpen. Kenapa? soalnya setiap mereka saya tanya bagai mana cara menulis, mereka kbnyakan jawabnya malah nyuruh rajin-rajin aja baca buku cerita ntar juga tau caranya” Walah jawaban yang malah melontarkan pertanyaan kelain tempat nih, tapi setelah saya pikir2 sih ada benernya juga tu,,??

Bagai mana dengan sahabat-sahabat yang lain nih, ada pengalaman yang sama atau ada cara-caranya yang bisa di bagikan hehe,,,,,,,, monggo di share tipsnya,,,

Iklan

Komentar»

1. mahisaajy - September 19, 2013

Iya betul, entah kenapa saya juga seringkali mengalami hal tersebut. Misalnya, saya ingin mengangkat suatu cerita yang dulu pernah saya alami, namun di tengah-tengah cerita, saya lupa akan jalannya cerita tersebut. Seperti ada bagian-bagian yang hilang dari memori otak saya. Serhinga cerita tersebut tidak akan pernah komplit. Perlu usaha yang keras untuk mengingat dan menceritakannya. Hehe.
Salam: http://mahisaajy.web.id/

2. Adi - Maret 6, 2012

Di tunggu posting terbaru nya Rio

3. elfarizi - Maret 4, 2012

wah wah si abang ini sudah betah rupanya di kampung halaman hehehe

Rio - Maret 6, 2012

Elfarizi,,, hemmm,, bgtulah kira2 zie,, hehe,,,

4. rizalean - Februari 27, 2012

practice make progress. tulisanku juga masih amatiran. tapi kalo dibanding tulisan pertama, tulisanku yg ke-42 sepertinya sudah jauh lebih baik. so, lets move On 🙂

Rio - Februari 27, 2012

trimakasih bang rizal, saranya juga di harapkan,,,

5. Adi - Februari 24, 2012

Saya suka dengan sepenggal kalimat dalam catatan mas Rio ini yaitu “Sebelum menjadi penulis yg hebat,sebaik nya menjadi pembaca yang hebat pula.”

Ya memang betul dengan banyak membaca maka kita dapat menambah wawasan.

rio - Februari 25, 2012

Mungkin shrsny bgtu kali ya mas,.?

6. Ely Meyer - Februari 24, 2012

wah , aku mah nulisnya masih asal asalan, yg penting nulis bikin senang soalnya

7. Ilham - Februari 23, 2012

bener tuh mas. membaca itu seperti bahan bakar-nya penulis.
tulisan curhat-nya malah bagus ini. 🙂

Rio - Februari 23, 2012

Hehehe,, mkasih gan. iya nih gk nyadar malah udah nulis cerita (curhat) hehe,,,,,,

8. Eko Wardoyo - Februari 23, 2012

wahahahaha sama aja berarti sama saya – makanya gagak mulu bikin cerita cerita fiksi atau semacamnya – lebih banyak kasih pandangan yang memang melekat dalam pikiran bang rio

tapi kalo bang rio baca di buku “sukses jadi penulis dan bos penerbitan” disana ada beberapa tips dan triknya menulis loch-meski lebih banyak materi motivasi menulis, sangat membantu ayo semangattttt

sejauh yang saya perhatikan tulisan tulisan bang rio keren keren kok
masuk kedalam hati – dan apa yang dirasa tersampaikan dengan baikk
( issshhh mas eko sok jadi pengamat dech /(^o^”) *sahabat khayalan )

wahahahaha pokoke S E M A N G A T d(^o^”)

Rio - Februari 23, 2012

wah,, masak ko,, yg bener?? hehe,, jadi tambah semangat nih untuk menggali potensi xixixi,,

9. Idah Ceris - Februari 23, 2012

emmm. . .

cerita. . .judulnya saja cerita, mungkin akan lebih mudah membuat cerita kalau kita melihat dengan nyata kali ya kak rio, gak hanya membayangkan tapi itu cerita nyata. . . 😉

#jadi ikut binguung. 😀

Rio - Februari 23, 2012

Idah Ceris, ua sebenarnya yang ingin saya sampaikan juga kisah nyata saya lho, tapi ya cara nuangkanya itu susah hehe,,,,

10. elfarizi - Februari 22, 2012

Waaah belum dipaketkan sampai negeri jiran, tah? hehehe 🙂
Ya, semoga sedikit membantu. Buku itu gak bakal membantu banyak, kok. Yang bakal membantu itu keinginan sama usaha <— ceileh, sok bijak gw 🙂
Dulu pernah ikut pelatihan menulis, selain baca … cara buat bisa nulis itu ya, tulis … tulis … tulis 🙂

Goodluck, My Bro 🙂

Rio - Februari 23, 2012

Ezi, maaf sebelumnya karna belum ngasi kabar ke kamu. sebenarnya bbuku itu sudah sampai hari senins stelah pengiriman kamu kok hehe,,,,,,
bener juga ya, dengan tulis tulis tulis,, maka jadi deh tulisan hehe,,

elfarizi - Februari 23, 2012

maksudnya udah sampai ke Kisaran? atau sudah dikirim ke Malaysai? Ya, gpp, Bang … moga bermanfaat 🙂

Rio - Februari 23, 2012

sampai di Kisaran. Gak di kirim ke malay kok, soalnya saya juga mungkin besok udah pulang zie, doain slamet ya ,,

elfarizi - Februari 23, 2012

waaah, pulang kampung, ya … yo, Bang. Insya Allah didoakan, semoga semua dilancarkan, ya. Mudah-mudahan jadi ya melepas masa Solo hahaha 😆

Rio - Februari 23, 2012

Amiiinnn……..!! sip trimakasih zie,,

11. ardiansyahpangodarwis - Februari 22, 2012

sabar yah 🙂
padahal sudah di tulis ya save aja dulu di draft trus kemana-mana bawa buku catatan deh pas sekiranya inget langsung tulis di buku itu dan itu yang saya lakukan 🙂

Rio - Februari 23, 2012

owh,, gitu ya gan,, boleh juga tuh, trimakasih gan,,hehe,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: